8/04/2017

Apakah Penyakit Eksim Bisa Menular ?

Apakah Penyakit Eksim Bisa Menular ?


Mungkin, banyak diantara Anda penderita eksim yang bertanya-tanya, apakah penyakit eksim kering maupun basah bisa menular atau tidak?

Bagi Anda yang belum tehu, Jeje di sini hadir untuk sedikit menjelaskan mengenai penyakit eksim apakah menular atau tidak. Semoga, bisa bermanfaat untuk Anda.

Sekilas Tentang Penyakit Eksim


Penyakit eksim sendiri termasuk penyakit kulit yang paling banyak terjadi di Indonesia. Baik itu eksim basah maupun kering. Dan, penyakit eksim ini bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal batasan usia maupun gender calon penderitanya.


Maka dari itu, Anda harus selalu waspada dengan kehadiran penyakit eksim yang akan sangat mengganggu sekali apabila Anda menderitanya.

Wajar saja apabila penderita eksim ingin sembuh dengan cepat. Pasalnya, selain ada muncul bercak kemerahan pada kulit atau kulit yang menebal, bahkan berisik, eksim ini bisa menyebabkan gatal yang teramat sangat, terlebih apabila terkena cuaca dingin dan saat alergi kambuh akibat debu maupun karena mengkonsumsi makanan pantangan penyakit eksim.

Apakah Penyakit Eksim Bisa Menular ?


Nah, bagi Anda yang sudah penasaran dengan pertanyaan apakah penyakit eksim bisa menular atau tidak, berikut jawabannya.

Apabila Anda mengira penyakit eksim bisa menular, Anda salah. Karena, sebenarnya penyakit eksim TIDAK menular.

Namun, apabila Anda memiliki keluarga dengan penyakit eksim, maka Anda memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita penyakit eksim. Ini karena penyakit eksim memiliki sifat familial. Intinya, faktor genetik sangat berpengaruh.

Dan, pada beberapa kasus penyakit eksim, risiko penderita penyakit eksim untuk menderita penyakit lainnya, seperti rhinitis alergi, penyakit asma, konjungtivis alergika sampai dengan beberapa jenis urtikaria atau munculnya bentol-bentol merah di kulit juga ikut meningkat.

Maka dari itu, Anda sebaiknya segera mendapatkan penanganan yang tepat agar penyakit eksim yang Anda derita bisa segera sembuh.

Untuk mencegah penyakit eksim yang Anda derita semakin bertambah parah, selain melakukan pengobatan eksim, Anda juga sebaiknya menghindari hal-hal atau faktor yang bisa membuat eksim Anda kambuh dan semakin parah. Seperti:

  • Mengkonsumsi makanan pencetus alergi Anda
  • Stres
  • Tidak telaten dalam menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan Anda, termasuk terkena debu dan kotoran lainnya
  • Terkena udara dingin
  • Tungau

Nah, itulah tadi informasi mengenai "Apakah Penyakit Eksim Bisa Menular ?" yang bisa saya share di sini. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semuanya.

Tambahan dari saya, Meskipun banyak orang atau dokter yang mengatakan jika penyakit eksim tidak bisa sembuh total, Anda tidak boleh patah semangat. Karena, setiap penyakit yang diberikan kepada Anda sudah pasti ada obatnya dan bisa sembuh. Seperti yang ada dalam salah satu hadits yang shahih.

كُنْتُ عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَجَاءَتِ اْلأَعْرَابُ، فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، أَنَتَدَاوَى؟ فَقَالَ: نَعَمْ يَا عِبَادَ اللهِ، تَدَاوَوْا، فَإِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ لَمْ يَضَعْ دَاءً إِلاَّ وَضَعَ لَهُ شِفَاءً غَيْرَ دَاءٍ وَاحِدٍ. قَالُوا: مَا هُوَ؟ قَالَ: الْهَرَمُ

“Aku pernah berada di samping Rasulullah SAW. Lalu datanglah serombongan Arab dusun. Mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, bolehkah kami berobat?” Beliau menjawab: “Iya, wahai para hamba Allah, berobatlah. Sebab Allah SWT tidaklah meletakkan sebuah penyakit melainkan meletakkan pula obatnya, kecuali satu penyakit.” Mereka bertanya: “Penyakit apa itu?” Beliau menjawab: “Penyakit tua.” (HR. Ahmad, Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan At-Tirmidzi, beliau berkata bahwa hadits ini hasan shahih. Syaikhuna Muqbil bin Hadi Al-Wadi’i menshahihkan hadits ini dalam kitabnya Al-Jami’ Ash-Shahih mimma Laisa fish Shahihain, 4/486)

Di riwayatkan juga dari Imam Muslim dari Jabir bin Abdillah  dia berkata bahwa Nabi bersabda,

لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ، فَإِذَا أَصَابَ الدَّوَاءُ الدَّاءَ، بَرَأَ بِإِذْنِ اللهِ عَزَّ وَجَلَ

“Setiap penyakit pasti memiliki obat. Bila sebuah obat sesuai dengan penyakitnya maka dia akan sembuh dengan seizin Allah Subhanahu wa Ta’ala.” (HR. Muslim)

Jadi, tidak ada alasan untuk Anda berputus asa atas penyakit yang Anda derita.

Salam Sehat

Apakah Penyakit Eksim Bisa Menular atau Tidak?

0 komentar:

Posting Komentar