4/07/2018

Penyebab Tulang Keropos

Pengeroposan tulang tidak hanya menyerang lansia saja, lho. Kondisi ini juga bisa terjadi pada usia muda, termasuk remaja dan anak-anak. Maka dari itu, ada baiknya Anda tahu apa saja penyebab tulang keropos guna menekan risiko terkena penyakit ini.

Tahu penyebabnya bisa membantu memudahkan Anda dalam melakukan upaya pencegahan sedini mungkin dengan cara menghindari faktor-faktor yang memang dapat meningkatkan risiko Anda untuk terkena pengeroposan tulang.

Penyebab Tulang Keropos

Sama halnya dengan Anda tahu gejala tulang keropos yang membantu Anda mendapatkan penanganan sesegera mungkin untuk menghindari kondisi yang lebih parah.

Setidaknya ada lebih dari 2 penyebab tulang keropos yang dipercaya dapat mempengaruhi kepadatan tulang Anda. Mulai dari kebiasaan yang dilakukan setiap harinya sampai dengan makanan yang Anda konsumsi.

Nah, daripada penasaran, di bawah ini ada beberapa informasi mengenai faktor-faktor yang dapat menyebabkan pengeroposan pada tulang yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber kesehatan. Semoga bisa membantu, ya :)

Penyebab Tulang Keropos


Dari berbagai informasi yang saya dapatkan, ada beberapa kondisi yang memang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami pengeroposan tulang.

Namun, Anda jangan khawatir! Dengan menjalani gaya hidup sehat dan menghindari faktor tersebut, Anda bisa terhindar dari penyakit tulang keropos ini.

Berikut adalah beberapa faktor penyebab tulang keropos yang sebaiknya Anda ketahui. Diantaranya:

1. Faktor genetik atau riwayat keturunan

Anda memiliki risiko lebih tinggi dari orang lain apabila salah satu atau beberapa anggota keluarga Anda ada yang menderita tulang keropos.

Untuk mengurangi risiko tersebut, Anda bisa mulai mengkonsumsi makanan-makanan sehat untuk tulang, seperti buah, sayuran, susu, serta makanan lainnya yang mengandung gizi seimbang, terutama yang mengandung kalsium dan mineral lainnya.

2. Siklus haid atau menstruasi yang tidak teratur

Selain masa tulang yang memang berbeda dengan pria, siklus menstruasi yang tidak tertur atau berubah-ubah juga menjadi salah satu faktor penyebab tulang keropos pada wanita.

Siklus haid yang tidak terattur, atau bahkan berhenti dalam waktu yang lama dapat menekan penyerapan tulang terhadap kalsium yang berasal dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

3. Hormon yang tidak stabil

Pun dengan hormon yang tidak stabil, baik pada wanita maupun pria dapat meningkatkan risiko tulang mengalami pengeroposan.

4. Menopause

Menopause yang membuat seorang wanita tidak lagi mengahasilkan sel telur di dalam rahim ini otomatis menghentikan siklus menstruasi. Apabila tidak diimbangi dengan asupan nutrisi yang cukup, maka bisa menjadi bagian dari penyebab tulang keropos.

Penyebab Tulang Keropos

5. Kurang olahraga

Jarang melakukan olahraga, atau mungkin tidak pernah bisa mempengaruhi kepadatan tulang Anda dikemudian hari, lho. Artinya, kurang berolahraga bisa menjadi salah satu penyebab tulang keropos atau osteoporosis.

Pasalnya, kegiatan olahraga yang dilakukan secara rutin ini dapat membantu tubuh mendapatkan kalsium dan vitamin D dengan kualitas yang baik. Selain itu, olahraga rutin dapat membantu semua bagian tulang mendapatkan aliran kalsium dan vitamin D dengan lancar.

Faktor Risiko dan Penyebab Tulang Keropos Lainnya


Selain kondisi-kondisi di atas, masih ada kondisi lainnya yang juga dapat meningkatkan risiko tulang-tulang Anda mengalami pengeroposan atau osteoporosis. Bahkan mungkin, salah satunya tanpa Anda sadari sering dilakukan.

Nah, apa sajakah penyebab tulang keropos lainnya tersebut? Berikut daftarnya:

  • Merokok
  • Sering konsumsi alkohol dan kafein secara berlebihan
  • Sering konsumsi soda dan minuman tinggi gula lainnya
  • Badan yang terlalu kurus
  • Kurang asupan makanan dengan kandungan vitamin D, kalsium atau mineral lainnya
  • Konsumsi obat jenis kortikosteroid, terutama dalam waktu yang lama
  • Menjalani program diet yang salah
  • Pola makan buruk
  • Kurangnya kadar kalsium
  • Aktivitas fisik yang rendah
  • Ketidakseimbangan hormon

Sekarang, kan, Anda sudah tahu beberapa faktor yang memang bisa menjadi penyebab tulang keropos. Saya harap, Anda bisa melakukan pencegah sedini mungkin agar terhindar dari osteoporosis atau tulang keropos dikemudian hari.

Terima kasih telah menyimak informasi di atas. Semoga artikel kesehatan ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Jangan lupa bantu di share jika artikel di atas memang dirasa penting diketahui orang banyak.

SALAM SEHAT

Posted By : Obat Tulang Keropos

Penyebab Tulang Keropos

0 komentar:

Posting Komentar