3/31/2018

Gejala Tulang Keropos

Kenali beberapa gejala tulang keropos atau osteoporosis pada pria maupun wanita agar pengobatan bisa segera diberikan guna menghindari kondisi yang lebih parah.

Tulang menjadi salah satu penopang tubuh. Jika kondisinya rapuh, aktivitas Anda mungkin akan terganggu. Bahkan, jika sudah parah, bukan tidak mungkin gangguan tulang yang Anda derita bisa membatasi pergerakan Anda.

Gejala Tulang Keropos
Pembungkukan merupakan alah satu tanda adanya pengeroposan pada tulang

Osteoporosis atau pengoroposan tulang adalah salah satu gangguan tulang yang sering terjadi, terutama pada lansia. kurangnya asupan kalsium menjadi salah satu faktor utama dari osteoporosis.

Agar tulang tetap sehat dan terhindar dari pengeroposan, Anda bisa memulainya dengan rajin olahraga serta mengkonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung kalsium, mineral dan nutrisi lainnya.

Pastikan, Anda menghindari makanan pemicu pengeroposan tulang, seperti soda, alkohol dan lainnya. Terlalu banyak protein hewani juga ternyata bisa memicu pengoroposan pada tulang, lho.

Nah, selain itu, agar osteoporosis atau tulang keropos tidak semakin parah karena cepat ditangani, Anda perlu tahu apa saja yang menjadi tanda dan gejala tulang keropos ini. Beberapa diantaranya bahkan sering diabaikan sampai benar-benar parah.

Dari berbagai sumber kesehatan terpecaya, ada beberapa tanda tulang mengalami pengeroposan. Berikut rangkumannya.

Gejala Tulang Keropos atau Osteoporosis


1. Berkurangnya tinggi badan

Seperti tidak mungkin, namun inilah faktanya. Jika Anda seseorang yang rajin mengukur tinggi badan, Anda akan menyadari kondisi ini lebih cepat. Salah satunya akibat postur tubuh yang semakin bertambah bungkuk sejalan bertambahnya usia.

Akan sangat mudah bagi tulang bagian belakang yang mengalami pengeroposan untuk mengalami pembungkukan. Fraktur pada tulang belakang juga lebih mungkin terjadi pada penderita osteoporosis.

2. Nyeri punggung

Jika seiring bertambahnya usia punggung semakin sering terasa nyeri, Anda harus mewaspadainya. Pasalnya, nyeri punggung menjadi bagian dari gejala tulang keropos atau osteoporosis.

3. Tulang mudah retak bahkan patah

Jika jatuh ringan atau keseleo saja dapat membuat tulang Anda mengalami keretakan, maka bisa dipastikan tulang Anda mengalami pengeroposan. Tulang yang rapuh (mudah retak atau bahkan patah) menandakan adanya pengeroposan pada tulang.

Gejala Tulang Keropos Lainnya


Selain kondisi di atas, Anda juga perlu memperhatikan kondisi lainnya yang juga menjadi bagian dari gejala tulang keropos atau osteoporosis yang meliputi:

  • Genggaman yang semakin melemah
  • Struktur nentuk tubuh yang mengalami perubahan
  • Jika sudah parah, batuk dan bersin saja bisa menyebabkan tulang rusuk atau salah satu dari bagian tulang belakan mengalami keretakan

Apabila Anda mendapati salah satu atau beberapa gejala tulang keropos atau osteoporosis di atas, jangan ragu untuk segera mengunjungi dokter.

Konsumsi obat tulang keropos Anda secara rutin dan teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal untuk kesembuhan Anda.

Terima kasih sudah menyimak informasi gejala tulang keropos atau osteoporosis di atas. Semoga membantu, ya :)

SALAM SEHAT

0 komentar:

Posting Komentar