9/11/2017

Kenapa Penderita Insomnia Lebih Rentan Mengalami Depresi


Mungkin masih banyak diantara Anda yang memiliki pertanyaan kenapa penderita insomnia lebih rentan mengalami depresi dibandingkan dengan orang lain yang tidak memiliki insomnia?

Yang Perlu Anda Tahu Mengenai Insomnia dan Depresi


Insomnia dan depresi sangat erat hubungannya. Bahkan, sejumlah penelitian berhasil mengungkapkan bahwa insomnia dapat memicu depresi. Artinya, insomnia bukan terjadi setelah seseorang mengalami depresi, akan tetapi sebaliknya.

Dari pernyataan di atas saja kita bisa tahu, bahwa betapa mengerikannya insomnia apabila tidak segera di atasi.

Pengaruh Insomnia Terhadap Keinginan Bunuh Diri


Insomnia dan DepresiInsomnia yang membuat penderitanya kesulitan tidur pada waktu malam hari, atau bisa tertidur namun bangun lagi pada jam-jam tertentu selain mempengaruhi kesehatan fisik, juga dapat berpengaruh pada psikologis.

Tidak sedikit kasus bunuh diri yang dipicu oleh depresi karena insomnia yang di derita tidak kunjung sembuh, bahkan semakin bertambah parah.

James Marshall Hendrix atau yang lebih dikenal dengan nama Jimi Hendrix yang merupakan salah satu gitaris legenda dengan aliran blues adalah salah satu tokoh dunia yang di duga meninggal bunuh diri akibat mengalami insomnia akut.

Tokoh lainnya yang diduga meninggal bunuh diri karena mengalami depresi dan insomnia adalah aktor Heath Ledger pemeran The Joker di Batman: The Dark Knight.

Tak ada yang mengetahui apakah kematiannya pada tahun 2008 yang lalu akibat overdosis dari kombinasi obat-obatan painkiller, antidepresi, dan obat tidur itu disengaja atau tidak.

Bagaimana Cara Menangani Penderita Insomnia Dengan Depresi?


Dukungan dari orang-orang terdekat (keluarga) adalah yang paling utama. Dengan dukungan keluarga, penderita insomnia tidak akan merasa sendirian dalam menghadapi kondisinya saat ini.

Selain itu, penderita insomnia sebaiknya melakukan beberapa terapi yang berhubungan dengan psikologi. Mendatangi psikiater sangat disarankan untuk mengatasi depresi yang muncul akibat insomnia akut.

Selain itu, pastikan penderita insomnia merubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat. Beberapa diantaranya dengan cara menghindari kafein dalam bentuk apapun, menghindari rokok dan minuman keras, serta perbanyaklah konsumsi makanan sehat, terutama sayur dan buah-buahan.

Aturlah pencahayaan dan tempat tidur Anda senyaman mungkin

Jika di perlukan, Anda juga bisa melakukan sedikit perubahan pada kamar tidur Anda, misalnya:

  1. Memadamkan lampu saat tidur,
  2. Mengatur tempat tidur Anda senyaman mungkin,
  3. Berendam atau mandi air hangat sebelum tidur,
  4. Tidak membawa makanan ke tempat tidur
  5. Membuat aturan di dalam kamar tidur Anda (tidak mengobrol, tidak ada televisi, tidak membawa pekerjaan kerumah, tidak ada makanan, dan tidak melakukan aktivitas lainnya, seperti menelpon dan bermain game.

Nah, demikianlah informasi mengenai insomnia dan depresi yang bisa saya share di sini, Semoga, melalui artikel ini Anda menjadi lebih peka dan peduli lagi dengan kondisi kesehatan Anda atau orang-orang di sekitar Anda.

Mungkin Anda perlu ini : Solusi Pengobatan Insomnia Secara Alami

Salam Sehat

0 komentar:

Posting Komentar