12/29/2016

Dampak Buruk Dehidrasi Bagi Tubuh

Dampak Buruk Dehidrasi Bagi Tubuh - Tahukah Anda jika sebagian besar tubuh kita memiliki kandungan air lebih dari 80% dari total berat badan kita sendiri? Bisa di bayangkan bukan, bagaimana jika tubuh kita mengalami kekurangan air? Maka beberapa gangguan mungkin akan muncul.

Dampak Buruk Dehidrasi Bagi Tubuh


Dampak Buruk Dehidrasi Bagi Tubuh

Mengingat pentingnya cairan dalam tubuh kita, di sini Jeje akan membahas dampak buruk dari dehidrasi bagi tubuh. Semoga bisa bermanfaat.

Dehidrasi sendiri merupakan kondisi dimana seseorang kehilangan atau kekurangan cairan dalam tubuhnya. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi. Diantaranya:

  • Diare hebat
  • Muntah-muntah
  • Mengeluarkan keringat secara berlebihan. Baik saat demam, maupun saat olahraga di bawah cuaca yang panas
  • Faktor makanan

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh, apapun penyebabnya sebaiknya tidak di abaikan dan segera mendapatkan pertolongan. Hal ini karena dehidrasi yang parah dapat berakibat fatal untuk penderitanya termasuk dapat menyebabkan kematian.

Berikut Beberapa Dampak Buruk Dehidrasi Bagi Tubuh


  • Dampak buruk dehidrasi bagi tubuh yang pertama adalah dapat mengganggu keseimbangan gula-garam tubuh. Hal ini juga yang membuat tubuh tidak bisa menjalankan fungsinya secara normal.
  • Selanjutnya, saat Anda mengalami dehidrasi, maka, Anda akan mudah merasa lelah. Hal ini dipengaruhi oleh aliran oksigen yang tidak lancar.
  • Dampak buruk dehidrasi bagi tubuh lainnya adalah memicu naiknya tekanan darah (hipertensi). Hal ini dikarenakan hampir 92% terdapat cairan di dalam darah. Saat tubuh kekurangan cairan, darah akan mengental dan menyumbat pembuluh darah.
  • Munculnya penyakit kulit juga menjadi bagian dari dampak buruk dehidrasi. Perlu Anda ketahui, jika dehidrasi juga dapat mempengaruhi proses pembuangan sisa metabolisme dan racun melalui keringat. Sisa metabolisme dan racun yang mengendap tersebutlah yang memicu munculnya penyakit kulit.
  • Dampak dehidrasi yang satu ini pasti belum banyak diketahui. Yaitu: Dehidrasi dapat menyebabkan naiknya kadar kolesterol dan membuat badan menjadi gemuk. Kenapa bisa? Karena, saat tubuh kekurangan cairan tubuh akan memproduksi banyak kolesterol dan membuat lemak berlebihan menumpuk di dalam tubuh.
  • Dampak buruk dehidrasi bagi tubuh lainnya adalah: Memicu kekambuhan pada penderita asma, sembelit, membuat kulit kering, serta menyebabkan terganggunya saluran kandung kemih dan ginjal.

Melihat dampak buruk yang dapat dipicu oleh dehidrasi bagi tubuh, sudah seharsunya kita menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan cara mengkonsumsi banyak cairan. Baik dari air putih maupun jus buah. Terutama jus semangka.


Dampak Buruk Dehidrasi Bagi Tubuh

0 komentar:

Posting Komentar