2/13/2018

Air Kencing Berbusa Tanda Penyakit Apa

Air Kencing Berbusa Tanda Penyakit Apa ? Mungkin pertanyaan tersebut yang terlintas dalam benak Anda saat air urine yang Anda keluarkan berbuih atau berbusa, kan?

Jangan cemas dulu, ya! Karena, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan air kencing berbusa. Mulai dari gangguan kesehatan ringan sampai dengan gangguan kesehatan serius yang harus segera mendapatkan penanganan agar tidak bertambah parah.

Air Kencing Berbusa Tanda Penyakit Apa

Jadi, Air Kencing Berbusa Tanda Penyakit Apa ?


Di lansir dari beberapa situs kesehatan, urine yang berbuih atau berbusa menjadi tanda dari beberapa kondisi, seperti:

  • Stres
Ternyata, stres juga dapat mempengaruhi kinerja ginjal, lho. Saat Anda mengalamai stres atau cemas berlebihan, ginjal akan memproduksi lebih banyak albumin atau protein. Hal inilah kenapa jurine Anda cenderung berbusa.

  • Dehidrasi
Munculnya buih atau busa dalam air kencing juga menjadi pertanda bahwa tubuh Anda sedang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Saat tubuh mengalami dehidrasi, urin yang Anda keluarkan akan cenderung mengandung protein dan beberapa bahan kimia dalam proporsi yang lebih tinggi sehingga membuat urin bergelembung, seperti berbusa.

  • Proteinuria
Kondisi ini terjadi saat kadar protein di dalam ginjal terlalu tinggi. Nah, apabila ginjal Anda tidak mampu menyaring protein tersebut dengan baik, air kencing Anda juga bisa berbusa.

Selain kondisi-kondisi di atas, air kencing berbusa juga bisa menjadi pertanda dari penyakit serius yang harus mendapatkan penanganan segera.

Air Kencing Berbusa Juga Bisa Menjadi Tanda Penyakit Berikut:


  • Infeksi Saluran Kemih
Infeksi saluran kemih atau ISK ini salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Kondisi tersebut di samping membuat Anda merasakan sakit saat berkemih, jugua dapat membuat urine yang Anda keluarkan berbusa, lho.

  • Infeksi Ginjal
Umumnya, infeksi ginjal muncul akibat penyakit infeksi saluran kemih yang berkepanjangan dan tidak mendapatkan penanganan serius. Air kencing berbusa juga bisa menjadi tanda dari penyakit infeksi ginjal dan gangguan ginjal lainnya.

  • Diabetes
Penyakit yang juga dikenal dengan kencing manis ini juga ternyata bisa menyebabkan air kencing Anda berbusa, lho.

  • Penyakit IMS (Infeksi Menular Seksual)
Anda juga perlu waspadai apabila air kencing Anda berbusa, apalagi jika Anda memang aktif secara seksual dengan banyak partner atau pasangan. Bisa jadi, urine yang berbusa tanda adanya penyakit kelamin, misalnya sifilis dan klamidia.

Air kencing berbusa juga bisa menjadi tanda gangguan kesehatan lainnya selain yang disebutkan di atas. Jadi, untuk mengetahui lebih jelas kondisi yang menyebabkan air kencing Anda berbusa, Anda bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut, termasuk memeriksa kandungan protein dalam urine.

Demikianlah informasi di atas kami sampaikan. Semoga, bisa menjawab pertanyaan Anda mengenai "Air Kencing Berbusa Tanda Penyakit Apa".

Salam Sehat

0 komentar:

Posting Komentar