10/27/2017

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Polip Hidung

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita polip hidung atau pantangannya.

Hal ini karena, ada beberapa makanan yang apabila dikonsumsi oleh penderita polip hidung dapat menambah buruk gejala yang sudah ada. Bahkan, beberapa jenis makanan dapat mengurangi efektifitas kerja obat, sehingga penyembuhannya bisa berlangsung lama.

Maka dari itu, Anda sebaiknya tahu apa saja yang termasuk kedalam pantangan makanan untuk penderita polip hidung, sehingga Anda bisa mengoptimalkan pengobatan polip hidung yang sedang Anda jalani.

Inilah Daftar Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Polip Hidung


Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Polip Hidung

Di bawah ini ada beberapa minuman dan makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi dulu oleh Anda penderita polip hidung sampai penyakit Anda benar-benar sembuh. Namun, jika Anda benar-benar ingin mengkonsumsinya, disarankan dalam porsi yang kecil dan jangan terlalu sering.

Daftar Pantangan Makanan Polip Hidung

1. Makanan Kemasan / Makanan Yang Mengandung Bahan Pengawet

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita polip hidung yang pertama adalah aneka makanan kemasan yang di dalamnya terdapat bahan pengawet kimia. Jenis makanan ini selain bahaya untuk kesehatan secara keseluruhan, juga dapat menambah buruk kondisi polip hidung yang Anda derita.

Beberapa jenis makanan ini meliputi:

  • Makanan kalengan (kornet, sarden, dll)
  • Snack / aneka makanan ringan
  • Mie instan
  • Jus buah kemasan
  • Buah atau sayur yang dikeringkan
  • Ciki
  • dll.

2. Daging Olahan

Anda penderita polip hidung juga sebaiknya menghentikan kebiasaan mengkonsumsi daging olahan, seperti ham, hotdog, sosis, nugget, atau bacon selama polip hidung yang Anda derita masih ada. Makanan tersebut juga termasuk makanan pemicu kanker, lho.

3. Alkohol dan Soda

Dari jenis minuman, Anda dilarang untuk konsumsi alkohol (dalam bentuk apapun, termasuk dalam bentuk makanan seperti tape, durian, dsb.) serta minuman bersoda, minuman berenergi, dan minuman berkarbonasi lainnya. Minuman jenis ini selain mengandung bahan pengawet, juga tinggi kadar gulanya.

4. Sayuran

Ada beberapa sayuran yang memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita polip hidung. Karena, beberapa sayuran ini dicurigai dapat menghambat efektifitas kerja obat. Diantaranya adalah : Sawi, kangkung, dan tauge.


5. Minuman / Makanan Dingin

Konsumsi makanan atau minuman dingin hanya akan membuat gejala polip hidung yang Anda derita semakin memburuk. Anda lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi cairan hangat, seperti teh jahe, air lemon hangat dengan madu, atau sup ayam.

6. Makanan Pencetus Alergi

Apabila Anda memiliki alergi terhadap makanan atau minuman tertentu, Anda sebaiknya tidak mengkonsumsinya. Alergi hanya akan memperburuk kondisi polip hidung yang Anda derita.

Selain makanan di atas, Anda juga sebaiknya menghindari atau membatasi makanan yang di goreng dan di panggang atau bakar, makanan berlemak tinggi, sera seafood dan makanan cepat saji.

Demikianlah informasi mengenai pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita polip hidung yang sebaiknya Anda ketahui.

Mulai sekarang, Anda bisa mengganti makanan-makanan di atas dengan makanan yang lebih sehat untuk menu harian Anda.

Salam Sehat
Posted By : Jeje

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Polip Hidung

0 komentar:

Posting Komentar