1/19/2018

Bahaya Infeksi Saluran Kemih dan Komplikasinya

Tahukah Anda komplikasi berbahaya yang mengintai penderita infeksi saluran kemih yang tidak mendapatkan penanganan dengan benar?

Setelah kemarin Jeje memberikan informasi mengenai ciri-ciri infeksi saluran kemih yang harus di waspadai kehadirannya, sekarang gilirannya Jeje memberitahukan Anda bahaya dan komplikasi dari penyakit infeksi saluran kemih ini. Ikuti terus sampai selesai, ya!

Bahaya Infeksi Saluran Kemih dan Komplikasinya


Di balik rasa sakit saat berkemih yang sering dianggap sebagai kondisi yang 'ringan' dan bisa sembuh dengan sendirinya ini terdapat ancaman yang berbahaya untuk kesehatan tubuh Anda, terutama ginjal.

Komplikasi dan Bahaya Infeksi Saluran Kemih
Sumber gambar : Google Image

Infeksi saluran kemih terbagi menjadi dua bagian, infeksi saluran kemih atas yang mencakup ureter dan ginjal, serta infeksi saluran kemih bawah yang mencakup uretra dan kandung kemih.

Jika tidak segera di atasi, infeksi yang disebabkan oleh bakteri ini bisa menyebar sampai ke ginjal. Maka dari itu, tidak heran apabila kebanyakan kasus infeksi ginjal berasal dari infeksi saluran kemih yang tidak diobati dengan benar.

Infeksi pada ginjal tidak hanya dapat memengaruhi kinerja ginjal saja. Secara perlahan, ginjal bisa rusak dan kehilangan fungsinya dan memicu terjadinya gagal ginjal.

Selain menyebabkan gangguan pada ginjal, infeksi saluran kemih ( ISK ) ini juga bisa menimbulkan komplikasi lainnya, seperti:

  1. Sepsis. Di mana infeksi telah menyebar ke dalam aliran darah. Sepsis termasuk kondisi mematikan yang harus mendapatkan penanganan sesegera mungkin.
  2. Penyemputar uretra. Biasanya terjadi pada pria
  3. Terjadinya infeksi saluran kemih berulang
  4. Jika terjadi pada wanita hamil, infeksi saluran kemih berpotensi menyebabkan bayi lahir prematur atau dengan berat badan di bawah normal (BLR).

Karena Anda sudah tahu akan bahaya dan komplikasi infeksi saluran kemih, sudah seharusnya Anda memberikan yang terbaik dalam pengobatan infeksi saluran kemih yang Anda derita.

Apa Yang Harus Dilakukan Agar Terhindar Dari Bahaya Infeksi Saluran Kemih dan Komplikasinya?


Selain segera melakukan pemeriksaan dan pengobatan, ada beberapa point penting lainnya yang harus Anda perhatikan juga agar terhindar dari komplikasi dan bahaya infeksi saluran kemih di atas. Diantaranya:

  • Anda harus merubah gaya hidup menjadi lebih sehat
  • Menghindari aktivitas seksual yang berisiko, seperti gonta-ganti pasangan
  • Menggunakan toilet yang bersih
  • Menjaga kebrsihan badan, terutamanya bagian organ intim Anda
  • Perhatikan celana yang Anda kenakan. Hindari menggunakan pakaian dalam maupun celana yang ketat
  • Gunakan pakaian dalam yang memiliki bahan menyerap keringat
  • Mengkonsumsi makanan-makanan sehta, terutama buah dan sayur
  • Menghindari stres dan istirahat dengan cukup.

Demikianlah informasi mengenai Bahaya Infeksi Saluran Kemih dan Komplikasinya serta solusi untuk mengatasinya di atas kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan lekas sembuh...

0 komentar:

Posting Komentar