9/14/2017

Inilah Dampak Buruk Membawa Gadget Ke Tempat Tidur

Dampak Buruk Membawa Gadget Ke Tempat Tidur - Dewasa ini, gadget sudah seperti candu yang membuat kita tidak bisa terlepas dengannya, bahkan banyak yang sampai membawa gadget ke tempat tidur.

Saya yakin, sebagian besar pemilik smartphone pasti sering membawanya ke tempat tidur, padahal kebiasaan ini sangatlah tidak baik dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda.

Inilah Beberapa Dampak Buruk Membawa Gadget Ke Tempat Tidur


Dampak Buruk Membawa Gadget Ke Tempat Tidur

Selain sinar radiasinya yang dapat mempengaruhi susunan saraf manusia hingga dapat menyebabkan kanker atau tumor, masih ada bahaya membawa gadget ke tempat tidur lainnya. Seperti:

1. Kesulitan untuk tidur

Sebuah jurnal kesehatan BMJ Open mengatakan, bahwa penggunaan gadget, terutama yang memiliki layar memancarkan cahaya dalam waktu yang lama dapat mempengaruhi SOL (sleep onset latency) atau lama waktu untuk merasa mengantuk dan tertidur secara signifikan, lho.

Dari kondisi di atas, bukan tidak mungkin seseorang yang sering membawa gadgetnya ke tempat tidur bisa mengalami insomnia.

Mungkin Anda Butuh Ini : Cara Mengobati Insomnia Secara Alami

2. Merusak mata

Seperti halnya tubuh yang perlu istirahat, mata Anda juga butuh istirahat setelah seharian menatap layar komputer dan sebagainya. Membawa gadget Anda ke tempat tidur selain bisa memicu terjadinya mata kering, penglihatan yang kabur dan gangguan mata lainnya, kebiasaan ini juga bisa memicu sakit kepala saat bangun tidur.

3. Meningkatkan risiko Anda mengalami depresi

Sebuah riset yang dilakukan di Baylor University dengan melibatkan beberapa responden mengungkapkan, bahwa orang yang menggunakan gadget secara terus menerus cenderung memiliki mood yang naik turun dan temperamental.


4. Tubuh terasa lelah saat bangun tidur

Menggunakan gadget pada malam hari di tempat tidur bisa mengurangi kualitas tidur Anda, sehingga saat bangun di pagi hari, tubuh Anda akan merasa lelah.

5. Memicu Nomophobia

Nomophobia sendiri adalah perasaan ketakutan saat Anda tidak bersama handphone Anda. Membawa gadget ke tempat tidur dapat meningkatkan risiko Anda untuk mengalami nomophobia.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba mematikan gadget Anda selama beberapa jam sehari dan meletakannya sejauh mungkin.

Informasi tambahan: Gadget atau gawai yang Anda gunakan setiap hari bisa lebih kotor dari dudukan toilet, lho. Jadi, jika Anda tidak ingin tidur seperti di samping toilet, jangan pernah membawa gadget Anda ke tempat tidur dan meletakkannya di samping Anda.

Nah, sekarang Anda sudah tahu, kan, apa saja dampak buruk membawa gadget ke tempat tidur untuk kesehatan tubuh Anda? Bagi Anda yang memiliki kebiasaan membawa gadget ke tempat tidur, saya sarankan Anda untuk menghentikan kebiasaan tersebut sekarang juga.

Demikian informasi mengenai bahaya dan dampak buruk membawa gadget ke tempat tidur yang bisa saya sampaikan. Semoga, dengan Anda tahu bahayanya, Anda tidak lagi membawa gadget atau smartphone Anda ke tempat tidur.

Salam Sehat
By : Jeje

0 komentar:

Posting Komentar