3/23/2018

Makanan Yang Menyebabkan Tulang Keropos

Punya tulang yang kuat dan sehat siapa yang nggak mau, sih? Tulang yang padat juga bisa membuat kita terhindar dari risiko terkena osteoporosis.

Nah, untuk menjaga kepadatan tulang tentu membutuhkan perhatian khusus, termasuk memperhatikan asupan makanan yang akan Anda konsumsi.

Makanan Yang Menyebabkan Tulang Keropos
Salah satu jenis minuman yang dapat memicu pengeroposan tulang

Sebelum ini, apakah Anda tahu bahwa ada beberapa jenis makanan yang menyebabkan tulang keropos apabila dikonsumsi secara berlebihan?

Bagi yang belum tahu, tidak perlu khawatir! Di sini, saya akan memberikan informasinya. Mengani makanan yang dapat mempengaruhi kepadatan tulang Anda sehingga memicu terjadinya tulang keropos.

Penasaran apa saja makanan yang dapat mempengaruhi kepadatan tulang? Ini dia listnya untuk Anda.

Makanan Yang Menyebabkan Tulang Keropos


Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang juga bisa berkurang. Namun, buka tidak mungkin Anda tetap memiliki tulang yang cukup kuat pada usia tersebut.

Anda bisa mencegah osteoporosis dengan cara membatasi konsumsi beberapa jenis makanan di bawah ini, makanan yang menyebabkan tulang keropos. Diantaranya meliputi:

1. Kafein

Makanan maupun minuman pertama yang harus dibatasi demi terhindar dari risiko osteoporosis atau tulang keropos adalah yang mengandung kafein. Efek dari kafein ini sendiri dapat meningkatkan pengeluaran kalsium tulang.

Selain kopi yang tentu saja banyak sekali peminatnya, kafein juga bisa ditemukan dalam minuman berenergi, teh, cokelat, dan sebagainya.

2. Minuman ringan / minuman berkarbonasi

Jika Anda penikmat soda, ingatkan diri Anda untuk segera membatasi konsumsi minuman ini. Jika Anda belum tahu, sam fosfat dalam minuman berkarbonasi seperti soda dan minuman sejenisnya ini dapat meningkatkan laju pengeluaran kalsium melalui urin.

3. Alkohol

Selain minuman, makanan yang mengandung alkohol pun harus Anda batasi, termasuk tiramisu yang kebanyakan menambahkan rum di dalamnya. Selain memang tidak bagus untuk kesehatan tulang, alkohol juga tidak bagus untuk kesehatan secara menyeluruh, termasuk untuk otak dan organ lainnya.

Makanan beralkohol lainnya yang juga dapat mempengaruhi kepadatan tulang adalah tape, baik tape ketan maupun tape singkong.

4. Makanan manis / mengandung tinggi gula

Anda yang doyan makan makanan manis juga harap dikurangi, ya! Karena, makanan manis yang kandungan gulanya tinggi, apalagi gula olahan bisa mengurangi kepadatan tulang Anda tanpa disadari.

Anda masih boleh, kok, sesekali mengkonsumsi makanan manis ini, asalkan tidak berlebihan.

Makanan Yang Menyebabkan Tulang Keropos Lainnya


Selain makanan dan minuman di atas, beberapa makanan yang bisa memicu tulang keropos lainnya apabila dikonsumsi secara berlebihan adalah:

  • Makanan kaya sodium, salah satu contohnya makanan kemasan atau kalengan
  • Sayuran hijau yang di tumis
  • Jeroan, terutama hati
  • Makanan cepat saji
  • Daging olahan, seperti : Sosis, ham, nugget, dll.
  • Roti gandum
  • Sereal
  • Daging merah (sapi, kambing, dll)

Nah, itulah informasi mengenai makanan yang menyebabkan tulang keropos. Terima kasih sudah menyimak. Semoga bermanfaat, ya!

SALAM SEHAT

0 komentar:

Posting Komentar